Tips Mudah Biar Komputer Nggak Lemot


Siapa pun pasti nggak suka kalau komputer lemot! Dari pengalamanku si.... biasanya kaum cewek yang sering merengek, cemas, galau, bertanya-tanya, menerka-nerka, kenapa komputernya lemot banget!?. Maka dari itu disini akan ku bahas tips dasar dan mudah agar bisa mengoptimalkan performa komputermu!

Cukup 4 hal aja yang harus dipenuhi!

1. Scan komputermu secara berkala paling nggak sebulan sekali dengan antivirus yang sudah di Install di komputermu! Karena virus, spyware dan sebangsanya bisa juga menjadi faktor yang membuat komputermu jadi lemot.

2. Bersihkan system komputermu dari junk file karena mungkin aja setelah kamu meng-uninstall aplikasi di komputermu ada file-file nakal yang masih tertinggal di system komputermu. Kamu bisa menggunakan aplikasi CCleaner untuk menghapus file-file nggak penting yang biasanya memakan memory komputer misalnya temporary file, cache, cookies, dan termasuk junk file.

Download CCleaner di sini!

Setelah di install, buka CCleaner lalu klik Cleaner, kemudian klik Analyze, tunggu sampai proses selesai, kemudian klik Run Cleaner. Dengan ini maka secara otomatis file-file yang nggak penting tadi otomatis akan dibersihkan. Sebagai pengingat aja ya! file yang ada di Recycle Bin juga ikut ilang, jadi sebaiknya kamu cek dulu apakah file yang ada di Recycle Bin adalah file yang bener-bener nggak penting dan layak dihapus! Kamu bisa tidak mengikutsertakan file yang ada di Recycle Bin untuk tidak dihapus dengan cara menghilangkan tanda centang di menu cleaner.

3. Bersihkan Registry error yang bisa menghambat kinerja komputermu! (Masih pake' CCleaner kok) Tinggal klik Registry terus klik Scan for Issues, setelah proses selesai klik Fix Selected Issues, kalau muncul pertanyaan "Do you want to backup changes to the registry?" klik No, kemudian klik Fix All Selected Issues. Dengan begitu Registry error yang ada di system komputermu sudah dibersihkan.

4. Lakukan Disk Defragment secara berkala! Paling nggak 2 minggu sekali ya! Aku rekomendasikan pake' aplikasi Auslogics Disk Defrag soalnya kalau nggak pake' aplikasi biasanya prosesnya lama 2-3 jam, kalau pake' aplikasi Auslogics biasanya nggak sampe' 30 menit tergantung banyaknya file yang ada dikomputermu. Caranya kamu tinggal memberi tanda centang disk yang termasuk dalam harddiskmu (bukan Removable Disk), lalu klik Defrag atau Defrag and Optimize. Sebagai pengingat y! jangan jalankan aplikasi apapun ketika kamu melakukan proses defragment!

Download Auslogics Disk Defrag di sini.

Jika 4 hal diatas kamu lakukan secara rutin, hal tersebut juga bisa merawat hardware mu, jadi nggak cepet rusak gitu. Aku nggak bilang bisa mempercepat kinerja komputer loh yaaaa! Tapi mengoptimalkan kinerja komputer. Kalau mau meningkatkan kinerja komputer ya di upgrade hardware-nya misalnya ditambah RAM atau beli VGA baru dll. Sebenernya ada banyak si cara mengoptimalkan kinerja komputer, misalnya menonaktifkan aplikasi yang masuk dalam kategori program start up, menganalisa program error lewat task manager, dan masih banyak lagi. Tapi buat yang sederhana 4 hal itu udah cukup.


Artikel Terkait:


Category Article , , , , , ,

2 Responses to “Berita IT”

What's on Your Mind...