Berita Teknologi

Blog tentang berita teknologi, review barang, review smartphone, download aplikasi, aplikasi android, aplikasi premium gratis, download software

Wednesday, May 23, 2012

Rekreasi Virtual di Google Art Project

  faris blog       Wednesday, May 23, 2012
google art project



Buat para pecinta seni dan sejarah boleh berbahagia karena sekarang bisa menjelajahi museum nggak cuma di Indonesia saja, tapi juga museum-museum di dunia. Tapi sayangnya sekarang para pecinta seni dari generasi muda sudah semakin sedikit ditemukan. Saat ini jarang sekali orang yang memperdulikan sejarah, nggak heran kalau museum tugu pahlawan sepi!, ramainya cuma di akhir pekan, tapi diramaikan sama para pedagang di pinggir jalan. Yaaaa sama juga bo'ong!!!!!. 


Beberapa orang yang peduli dengan sejarah bekerja sama dengan Google dan mengembangkan proyek sampingan bernama Google Art Project. Art yang dimaksud disini adalah benda-benda pusaka dan karya seni yang pernah mewarnai sejarah bangsa-bangsa di dunia. Google Art Project dimaksudkan untuk mengumpulkan benda-benda tersebut dan menyajikannya secara virtual di dunia maya. Dan siapa lagi yang mempunyai koleksi benda-benda seni dan pusaka yang kalau nggak museum?

Oleh karena itu, langkah pertama yang dilakukan oleh tim Google Art Project pada tahun 2011 adalah menghubungi musium-musium di AS dan Eropa. Ratusan koleksi benda pusaka dipotret menggunakan kamera profesional dan sistem komputer serta alat penggerak multisynchronize. Ribuan gambar ini lalu disatukan kembali dengan teknologi Picasa, baru diunggah ke galeri virtual.

Hingga awal april lalu, Google mengumumkan kemitraan dengan 151 museum di 40 negara. Salah satu yang memperoleh kehormatan adalah Museum Nasional Indonesia. Sebanyak 100 pusaka dan karya seni asli Indonesia milik museum yang juga dikenal dengan Museum Gajah ini ikut bersanding dengan 30 ribu koleksi lainnya, antara lain dari Perancis, Qatar dan Rusia.

"Google Art Project adalah upaya untuk mengangkat derajat dari museum-museum di seluruh dunia. Disini bisa dibilang tempat yang bisa mempertemukan siapa pun, dari kelas sosioekonomi apa pun, dan kebangsaan mana pun untuk melihat jejak-jejak penting dalam kebudayaan Indonesia," kata Pak Rudy Ramawy (Country Head Google Indonesia).

Semoga dengan Google Art Project ini bisa membangkitkan jiwa seni dan sejarah para generasi muda. Karena Seni adalah sesuatu yang bisa mengharmonisasikan jiwa kita, dan sejarah adalah memori yang tak bisa dilupakan karena disana tersimpan keindahan, semangat, kerja keras, dan pengorbanan.


Thanks to InfoKomputer
logoblog

Thanks for reading Rekreasi Virtual di Google Art Project

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Youtube