Berita Teknologi

Blog tentang berita teknologi, review barang, review smartphone, download aplikasi, aplikasi android, aplikasi premium gratis, download software

Wednesday, May 9, 2012

Membuat Komputer Terkecil Menggunakan Bakteri

  faris blog       Wednesday, May 9, 2012


komputer terkecil


Bakteri bukanlah sepenuhnya makhluk hina, karena tidak semua bakteri itu merugikan manusia, ada juga loh bakteri yang menguntungkan buat manusia. Buktinya bisa dilihat disini, temuan baru tim gabungan dari University of Leeds di Inggris dan Universitas Tokyo, Jepang memungkinkan untuk membuat komputer terkecil. Berkat bantuan sebuah bakteri yang bernama Magnetospirilllum Magneticum yang hidup di dasar danau dan kolam dimana kandungan oksigen hampir tidak ada.


Hebatnya bakteri ini adalah dia mampu memakan besi (woooowww coba balapan makan besi sama limbat! Menang siapa y? :D). Setelah bakteri tersebut memakan besi kemudian protein dalam diri mereka beraksi untuk membentuk kristal mini dari mineral magnetite (mineral paling magnetik di bumi). Dengan kemampuan bakteri ini, masalah sulitnya menghasilkan aliran listrik dalam skala nano bisa dipecahkan.

Nano dalam pengertian ilmiah mempunyai ukuran 1/milyar, atau seperti sehelai rambut yang dibagi seratus ribu. "Mesin yang secara traditional kita buat menjadi kaku dalam ukuran kecil. Kini alam telah memberikan kita alat yang tepat untuk mengatasi masalah ini". Kata pemimpin penelitian Dr Sarah Staniland dari University of Leeds.

Selain itu, para peneliti juga berhasil mengembangkan kabel kecil elektrik dari organisme hidup. Mereka menciptakan tabung berukuran nano yang terbuat dari membran sel yang ditumbuhkan di lab dengan bantuan protein yang terdapat pada molekul tubuh manusia. "Kedepannya tabung ini dapat dijadikan tabung microscopic yang dapat mentransfer informasi, seperti  sel-sel dalam tubuh kita atau pada komputer", jelas Dr Masayoshi Tanaka dari Tokyo University of Agriculture and Technology kepada BBC.

Kabel biologi ini memiliki daya tahan elektrik dan dapat mentransfer informasi dari satu set sel dalam bio-computer ke semua sel. Kabel ini juga dapat digunakan untuk operasi manusia, dan tentunya secara teori tidak akan bermasalah dengan kondisi tubuh manusia.

Kesimpulannya adalah kamu boleh benci Tomcat tapi kamu nggak boleh benci ama bakteri, karena tidak semua bakteri itu merugikan. wkwkwkwkwk :D

Thanks to ibnu- ghiboo.com
logoblog

Thanks for reading Membuat Komputer Terkecil Menggunakan Bakteri

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Youtube