Berita Teknologi

Blog tentang berita teknologi, review barang, review smartphone, download aplikasi, aplikasi android, aplikasi premium gratis, download software

Saturday, April 28, 2012

Robot Kecil Ala Transformer

  faris blog       Saturday, April 28, 2012
Bayangkan jika robot-robot dan teknologi tinggi yang ada di film transformer benar-benar diciptakan di dunia ini. Di Massachusetts Institute of Technology (MIT) sedang coba menggarap self sculpting sand yang bisa meniru berbagai bentuk dan benda. Kelompok ilmuan dari Distributed Robotics Laboratory (DRL) di universitas tersebut telah membuat 30 puwarupa "kerikil cerdas" beserta software untuk menjalankannya.

Kami ingin satu tas berisi benda-benda yang bisa meniru berbagai bentuk yang anda perlukan. Sehingga ketika anda dalam situasi terjepit (bukan terjepit pintu maksudnya :D wkwkwkwk) dan membutuhkan peralatan khusus, cukup memberi perintah pada tas tersebut, kata Kyle Gilpin dari MIT. 

robot transformers


Robot yang bentuknya kotak itu memiliki magnet yang ditempatkan pada sisi-sisinya sehingga bisa saling menempel. Efek magnetis tersebut bisa diaktifkan atau dinonaktifkan sesuai kebutuhan dan tidak membuthkan listrik. Selain itu didalamnya juga terdapat microprocessor yang mengatur magnet mana yang harus diaktifkan. Masing-masing processor bisa menyimpan kode sekitar 32 kilobyte dan hanya memiliki memory aktif sekitar 2 kilobyte.

Saat bekerja, pertama-tama robot itu menyelimuti bentuk asli benda, kemudian akan saling mengirimkan tentang bentuk asli benda tersebut. Selanjutnya mereka akan mendefinisikan bentuknya sendiri sebagai tiruan benda aslinya. Gilpin berpendapat masih banyak hal yang perlu dilakukan untuk mewujudkan robot cerdas ini. Tapi..... (na ini ni yang NGGAK enak), hal tersebut adalah sesuatu yang tidak bisa terjadi dalam 2 tahun. Mungkin sampai 10 tahun sampai kamu bisa melihat robot seperti ini di pasar. Ya.. semoga nantinya juga nggak ada perbedaan klan seperti optimus dan megatron. :D
logoblog

Thanks for reading Robot Kecil Ala Transformer

Previous
« Prev Post

4 comments:

Youtube