Berita Teknologi

Blog tentang berita teknologi, review barang, review smartphone, download aplikasi, aplikasi android, aplikasi premium gratis, download software

Saturday, July 14, 2012

Membangkitkan Gen Purba dari Kematian

  faris blog       Saturday, July 14, 2012
manusia purba


Pasti kalian sudah pernah menonton film Jurassick Park kan? Di film itu diceritakan kalau Dinosaurus dibangkitkan dari gen purba yang ditemukan. Sekarang hal tersebut bukan cuma terjadi di dalam film, tapi Peneliti dari Georgia Tech, Amerika Serikat berhasil menghidupkan gen berusia 500 juta tahun dalam bakteri moderen E coli. Salah satu peneliti yakni ilmuwan NASA, Betul Kacar. Proses ini dinamakan eksperimen "Evolusi Paleo". Bakteri ini kini bermutasi dengan sangat cepat.

Eksperimen ini bermula pada tahun 2008. Waktu itu profesor biologi, Pak Eric Gaucher berhasil menemukan urutan gen purba dari Elogation Factor-Tu (EF-Tu), protein penting dalam E coli. EF merupakan protein paling penting dalam bakteri yang banyak ditemukan di semua kehidupan sel. Bagian ini diperlukan bakteri untuk bertahan hidup.

Ilmuwan Astrologi NASA, Betul Kacar dapat melakukan tugas yang sulit menempatkan gen purba ini dalam melakukan tugas yang sulit menempatkan gen purba ini dalam urutan kromosom yang tepat dalam gen bakteri moderen E coli.

Pak Kacar membuat delapan bakteri identik jenis baru. Gen purba ini bisa hidup kembali. Eksperimen ini bisa menghidupkan gen purba dan modern dalam satu tubuh dengan selamat, Bakteri ini awalnya tumbuh dua kali lebih lambat dari bakteri moderen.

"Organisme yang berubah tidak sehat seperti bakteri moderen pada awalnya. Ini menciptakan sebuah skenario sempurna yang menunjukkan organisme berubah untuk beradaptasi dan menjadi lebih sehat karena akumulasi mutasi setiap hari, "kata Pak Gaucher.

Sekarang pertumbuhan telah meningkat setelah 500 generasi pertama. Ilmuwan melanjutkan keturunan delapan genom untuk melihat proses adaptasinya. Bakteri ini telah mengalami peningkatan kesehatan menyamai tingkat bakteri moderen. Bahkan, beberapa keturunan lainnya menjadi lebih sehat. Wah, kayaknya Jurassic Park bisa benar-benar diwujudkan ni! Ngomong-ngomong gen T-rex bisa ditemukan apa nggak ya?

Ketika diamati lebih dekat, ilmuwan menyadari setiap gen EF-Tu tidak bermutasi. Tapi, protein moderen yang berinteraksi dengan EF-Tu purba di dalam bakteri inilah yang bermutasi. Rangkaian mutasi ini memicu adaptasi cepat yang meningkatkan kesehatan bakteri.

Gen purba belum bermutasi untuk menyamai bentuk modern. Tapi, bakteri ini menemukan langkah evolusi terbaru untuk beradaptasi.

Biasanya kalau ada monster dinosaurus pasti ada Ultraman untuk menyelamatkan kota! Menurut kalian aman nggak sih membangkitkan hewan purba seperti dinosaurus dan saudara-saudaranya?

Thanks to Vivanews
logoblog

Thanks for reading Membangkitkan Gen Purba dari Kematian

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Youtube