Berita Teknologi

Blog tentang berita teknologi, review barang, review smartphone, download aplikasi, aplikasi android, aplikasi premium gratis, download software

Sunday, May 13, 2012

Aplikasi Gratis Bisa Boroskan Baterai Smartphone

  faris blog       Sunday, May 13, 2012

Nggak enak banget kan kalau baterai smartphone kita cepet habis, meskipun udah di charge bolak-balik tapi kok baterai ini rasanya ada yang nyedot. Kenapa ya?

battery logo


Asal kalian tau yaaaa! Ternyata aplikasi gratis ternyata juga bisa nyedot baterai al hasil baterai kita jadi cepet habis. Kesimpulan ini diperoleh dari sebuah riset yang dilakukan oleh professor Y. Charlie Hu dari Purdue University, Nggak munafik ya aku juga suka kok ama yang gratisan hehe... Soalnya aplikasi yang free pun nggak kalah sama aplikasi yang berbayar.

Hasil studi Hu bersama timnya mengatakan, pemborosan baterai tersebut datang dari iklan yang muncul ketika pengguna menjalankan aplikasi gratis. Tidak tanggung-tanggung, iklan menyerap 65% sampai 75% energi dari keseluruhan kebutuhan daya untuk menjalankan aplikasi tersebut. Hu mencontohkan, game Angry Birds mengonsumsi daya yang 75% diantaranya untuk menjalankan modul iklan, sedangkan game itu sendiri hanya membutuhkan daya 25% baterai saja.

Menurut Bapak Hu, modul iklan mengirim informasi pengguna lewat koneksi internet dan kemudian mengunduh materi iklannya. Penggunaan koneksi internet inilah yang mengonsumsi banyak daya baterai. Kata Bapak Hu hal ini disebabkan adanya fenomena di smartphone yang dinamakan tail. Tail adalah fenomena ketika modul iklan memanfaatkan hardware 3G dari smartphone untuk koneksi internet, konsumsi daya tidak besar, konsumsi dayanya sih nggak besar, tapi hardware 3G nya itu loh yang mengonsumsi daya besar selama sekitar tujuh detik setelah modul iklan selesai menggunakannya.

"Setelah saat Anda menggunakan network 3G, maka akan ada tail setelah penggunaan", itulah yang dikatakan oleh Bapak Hu. Pada kasus Angry Birds, modul iklannya menggunakan network 3G untuk meng-upload dan men-download. Jadi modul iklan inilah yang menimbulkan efek tail, bukan aplikasi Angry Birds nya. Komponen smartphone lain yang menimbulkan fenomena tail antara lain adalah GPS dan Wi-Fi.

Untuk itu Bapak Hu menghimbau kepada para pengembang aplikasi biar bisa meminimalisasi terjadinya fenomena tail. Wah, betul itu pak biar baterai smartphone kita nggak boros. Tapi menurut aku sih ya begitulah hukum alam, kalau ada sesuatu yang enak pasti ada nggak enaknya juga. Meskipun kenyataanya begitu, aku tetep suka kok pake' yang gratisan. Kamu?
logoblog

Thanks for reading Aplikasi Gratis Bisa Boroskan Baterai Smartphone

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment

Youtube